Sunday, December 9, 2012

Menghitung Persen Microsoft Excel

Hai Sobat Garywap, kali ini kita akan menerapkan bagaimana Menghitung Persen Microsoft Excel. Serta menambahkan lambang persen secara otomatis.
Untuk lebih memahaminnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini terlebih dahulu

2. Secara umum perhitungan diskon sebuah harga barang adalah sebagai berikut : 
=(Diskon/100) * Harga Barang
contoh baju dengan harga Rp. 9000 mendapat diskon 20 % maka jumlah diskon yang diterima adalah :
=(20/100) * 9000 =1800
pada contoh kali ini yang akan kita cari adalah jumlah persen dari diskon yang telah diterima. Berdasarkan rumus sebelumnya maka didapat : 
% =(Diskon diterima/Harga Barang) * 100
Rumus diatas adalah rumus Matematikanya, untuk rumus Microsoft Excel tidak perlu lagi dikali dengan 100, hanya cukup membagi diskon diterima dan harga barang kemudian gunakan menu icon percent style.
Percent Style akan mengalikan suatu bilangan dengan seratus kemudian memberi akhiran %.

3. Mari Kita lanjutkan Menghitung Persen Microsoft Excel dengan tabel yang sudah kita buat diatas : 
Isikan cells E4 dengan rumus  
=D4/C4


Tarik fill handle rumus pada cells E4 untuk menyalin rumus ke cells berikutnya.

Blok Cells E4 sampai dengan E6
Klik menu icon Percent Style 
Nah jadi deh Menghitung Persen Microsoft Excel

No comments:

Post a Comment